Minggu, 26 September 2010

tugas mineral

Mineral adalah senyawa alami yang terbentuk melalui proses geologis Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). ilmu yang mempelajari mineral disebut mineralogi.
Istilah mineral termasuk tidak hanya bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral. Mineral termasuk dalam komposisi unsur murni dan garam sederhana sampai silikat yang sangat kompleks dengan ribuan bentuk yang diketahui (senyawaan organik biasanya tidak termasuk). Beberapa mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak seperti kalsium, fosfat, natrium, klorida, magnesium dan kalium, yakni sekitar (1- 2 gram/hari).
Setiap orang memerlukan berbagai zat gizi, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Anak-anak sangat membutuhkan nutrisi untuk perkembangannya sedang orang dewasa membutuhkannya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Zat gizi adalah bahan-bahan kimia dalam makanan yang memberikan energi bagi tubuh. Zat gizi dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrisi terdiri dari protein, lemak, karbohidrat dan beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh setiap hari dalam jumlah yang besar.
Agar dapat diklasifikasikan sebagai mineral sejati, senyawa tersebut haruslah berupa padatan dan memiliki struktur kristal. Senyawa ini juga harus terbentuk secara alami dan memiliki komposisi kimia yang tertentu. Definisi sebelumnya tidak memasukkan senyawa seperti mineral yang berasal dari turunan senyawa organik.

Teknologi penginderaan jauh adalah suatu kegiatan pengamatan obyek atau suatu daerah tanpa melalui kontak langsung dengan obyek tersebut. Penginderaan jauh sudah semakin berkembang hari demi hari serta semakin dibutuhkan untuk kepentingan yang lebih luas. Guna mendapatkan hasil dari data penginderaan jauh yang sesuai dengan yang diharapkan, tentu kita harus mengetahui pula cara menggunakan software (piranti lunak) untuk memproses data tersebut. Software yang ada saat ini cukup banyak dan beragam, diantaranya adalah Idrisi, Erdas Imagine, PCI, ER Mapper dan lain-lain. Masing-masing software bersaing menawarkan kemudahan penggunaan (user friendly) dan keunggulan lainnya, serta juga bersaing dalam penawaran harga.
ER Mapper adalah salah satu software (perangkat lunak) yang digunakan untuk mengolah data citra atau satelit. ER Mapper dapat dijalankan pada workstation dengan sistem operasi UNIX dan komputer PCs (Personal Computers) dengan sistem operasi Windows 95/98 dan Windows NT.
Pengolahan data citra adalah bagian penting untuk dapat menganalisa informasi kebumian melalui data satelit penginderaan jauh. Aplikasi-aplikasi yang dapat diterapkan melalui pengolahan data citra antara lain:
 pemantauan lingkungan
 manajemen dan perencanaan kota dan daerah urban
 manajemen sumber daya hutan
 eksplorasi mineral
 pertanian dan perkebunan
 manajemen sumber daya air
 manajemen sumber daya pesisir dan lautan
 oseanografi fisik
 eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi
ER Mapper mengembangkan metode pengolahan citra terbaru dengan pendekatan yang interaktif, dimana kita dapat langsung melihat hasil dari setiap perlakuan terhadap citra pada monitor komputer. ER Mapper memberikan kemudahan dalam pengolahan data sehingga kita dapat mengkombinasikan berbagai operasi pengolahan citra dan hasilnya dapat langsung terlihat tanpa menunggu komputer menuliskannya menjadi file yang baru. Cara pengolahan ini dalam ER Mapper disebut Algoritma.
Gambar Pengolahan Citra Menggunakan ER Mapper
Setelah proses mengimpor data, selanjutnya adalah menampilkan citra tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kualitas dari data yang digunakan. Di dalam ER Mapper, cara menampilkan citra disebut Color Mode

Tidak ada komentar:

Posting Komentar