Minggu, 29 November 2009

Hubungan Antara Konflik Dengan Keputusan Dan Solusi Dalam Suatu Organisasi

pada awalnya Konflik adalah suatu perkara atau masalah yang terjadi. Entah masalah yang disengaja maupun tidak. Entah itu konflik atau masalah yang ditimbulkan oleh orang lain ataupun dari diri sendiri.

Ataupun Kepentingan yang berbeda dapat dipahami, karena kebutuhan mereka berbeda, artinya dalam rangka memenuhi kebutuhan dan kepentingan yang berbeda sangat mungkin mereka berjalan sendiri-sendiri dan tidak saling menggangu. Namun demikian terbatasnya berbagai kebutuhan dan kepentingan yang harus dipenuhi sangat mungkin kebutuhanm yang berbeda akan menyebabkan terjadinya konflik.
adapun cara untuk menangani sebuah konflik :
- Menjadi Pendamai.
- Tetap netral.
- Dengarkan kedua (atau lebih) pihak.
- Mau membujuk pihak-pihak untuk bertanggung jawab.
- Satukan pihak-pihak yang berselisih paham.

jadi menurut saya konflik adalah interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain saling bergantung namun terpisahkan oleh perbedaan tujuan dimana setidaknya salah satu dari pihak-pihak tersebut menyadari perbedaan tersebut dan melakukan tindakan terhadap tindakan tersebut.
dan kita pun harus dapat mengambil keputusan untuk mengetahui mana yang harus kita ambil untuk segera menyelesaikannya sebaik mungkin.

Senin, 02 November 2009

BAGAIMANA MEMOTIVASI KARYAWAN

Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan. Entah itu tujuan yang positif maupun negative.

Mengapa memotifasi karyawan ituh penting? karena ini sangatlah dibutuhkan untuk suatu perusahaan agar perusahaan itu pun lebih maju dan berkembang,ada 2 alasan yaitu Pertama karena sebagian karyawan bermotivasi rendah dan kedua agar kinerja karyawan dan perusahaan meningkat. Ada dugaan motivasi rendah karena faktor intrinsik berupa kemalasan kerja. Motivasi kerja karyawan rendah bisa jadi karena faktor ekstrinsik yakni lingkungan kerja yang kurang nyaman. Faktor lingkungan itu sendiri tidak sempit bisa dilihat dari faktor kepemimpinan, hubungan sosial, fasilitasnya, manajemennya dsb. karena itu pendektannya perlu dari sisi intrinsik dan ekstrinsik pada karyawan.

dan adapun tips atau cara untuk memotivasi para karyawan agar dapat menunjukan kualitas masing-masing karyawan tersebut :

1) Dengan cara komunikasi, karena komunikasi merupakan suatu hal yang paling penting dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, komunikasi merupakan berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan motivasi karyawan.

2) Adapun dengan cara open communication, yakni setiap orang berhak untuk berkomunikasi dengan siapapun yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Sehingga, akses karyawan kepada atasan, dan sebaliknya, menjadi lebih mudah. Pekerjaan pun jadi lebih lancar.

3) Saling memahami perbedaan pendapat pada setiap individu, karena pada setiap individu pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda. jika saling menghargai pendapat masing-masing maka setiap karyawan akan dapat menyalurkan hasil kerjanya dengan lebih baik.

4) dan pastinya reward untuk motivasi karena Mengacu pada setiap karyawan untuk bekerja lebih baik lagi, maka setiap perusahaan harus menyiapkan sistem reward yang cocok dalam mencapai kesepakatan antara karyawan dan perusahaan. Sistem reward ini memberikan bonus kepada orang jika mereka mencapai kemajuan besar dalam usaha mencapai tujuannya, meskipun target pun tidak tercapai. Sehingga, hal ini dapat mendorong karyawan untuk bekerja melampaui target asli mereka.